Dampingi Si Kecil Saat Belajar Dirumah

Spread the love
  •  
  •  
  •  
5
(1)

Pandemi Covid – 19 membawa dampak yang sangat besar. Salah satu akibatnya adalah kelas di sekolah ditiadakan, sistem belajar mengajar dilaksanakan melalui daring  dan orang tua diminta mendampingi anak untuk belajar di rumah. Akibatnya, banyak orang tua mendadak jadi guru dan tak sedikit yang mengalami kesulitan dengan peran baru ini.Semenjak diberlakukannya kegiatan belajar mengajar melalui daring, tingkat konsentrasi dan keefektifan pembelajaran anak menurun. Apa penyebabnya?

Walaupun kebijakan diam di rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga, tetapi ada beberapa tantangan yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak belajar. Tantangan tersebut meliputi anak yang mudah bosan dan tak bisa beraktivitas keluar rumah seperti biasanya, dan kurangnya kemampuan orang tua dalam menggantikan peran guru di sekolah. Tantangan dari sisi orang tua yakni tidak memiliki pengalaman mengajar, pelajaran anak yang sulit dipahami sehingga orang tua kerap kebingungan mendampingi anak belajar di rumah dan kadang – kadang orang tua menjadi “lebih galak”. Hal ini membuat anak merasa tak nyaman dan malas untuk berkonsentrasi pada pelajaran dan oleh karena tempat belajarnya dirumah seringkali membuat anak menjadi “bermain dan istirahat”.

Selain itu, ketika belajar di rumah pun, banyak hal-hal yang membuat perhatian anak teralihkan, seperti mainan di rumah, buku bacaan, menonton serial televisi kesayangan, makanan yang disediakan oleh Mama Paa, dan bahkan tidur karena sudah kelelahan akibat belajar dengan gurunya melalui daring atau bermain dengan mainan kesayangannya.

Jika saja orang tua tahu gaya belajar anak, karakter anak, dan batas kemampuan anak seperti apa, mengajar tidaklah sulit. Dalam hal ini, orang tua punya peranan penting untuk menemani proses belajar anak di rumah. Agar tetap produktif, berikut ini beberapa panduan untuk cara belajar di rumah yang efektif:

1.     Sediakan Tempat Khusus untuk Belajar

Sediakan tempatk khusus yang nyaman. Usahakan tempat tersebut tenang, jauh dari suara nyaring televisi atau radio, serta banyak cahaya.

2.     Atur Jadwal dengan Baik

Mengatur jadwal dengan baik dapat melatih komunikasi anak dan menjadikanya disiplin. Diskusikan dengan anak kapan waktu terbaik untuk belajar. Tentu saja sepakati durasi belajar dan waktu yang akan dialokasikan untuk membaca buku, di luar waktu mengerjakan tugas sekolah. Tegaskan kepada si kecil bahwa apa yang telah disepakati harus dilakukan secara konsisten

3.     Minimalkan Gangguan

Selama waktu belajar berlangsung, sebisa mungkin hindari faktor-faktor yang dapat mengganggu, seperti suara televisi, suara oranglain, bahkan suara gadget sekalipun. Jadi, saat mendampingi anak belajar orangtua harus fokus dan jangan bermain gadget

4.     Ketahui Gaya Belajar Anak

Secara garis besar, terdapat tiga tipe gaya belajar yaitu visual, auditori dan kinestetik. Dengan mengetahui tipe gaya belajar anak dapat membantunya belajar sesuai dengan tipenya :

  • Anak tipe visual biasanya dapat menerima informasi dengan melihat gambar. Orang tua dapat mengajarinya melalui gambar, peta pikiran (mind mapping), dan buku berilustrasi.
  • Anak tipe audio lebih sensitif terhadap suara, musik, dan memiliki minat tinggi terhadap irama. Saat belajar, orang tua dapat menggunakan intonasi ketika menyampaikan informasi pada anak. Belajar dengan teknik bercerita.
  • Anak tipe Kinestetik lebih mudah menyerap informasi melalui aktivitas. Orang tua dapat menggunakan alat peraga atau mengaplikasikan langsung materi belajar.

5.     Ketahui target di sekolahnya

Penting bagi para orang tua untuk berdiskusi secara intensif dengan guru di sekolah anak guna mengetahui target pencapaian di sekolah. Jika tujuannya untuk ujian akhir, pastikan mereka belajar lebih intensif. Di sisi lain, kalau ada target selanjutnya, sesuaikan cara belajarnya.

Itu dia beberapa tips dan manfaat saat mendampingi anak belajar dirumah. Anak tetap produktif, orang tua pun senang.

 

Seberapa suka dengan artikel ini?

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Tidak ada bintang sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi peringkat pada posting ini.

Leave a comment